5 Cara Mudah dan Aman Menyimpan MPASI

Setiap orang tua tentu berharap bisa memberi nutrisi yang lengkap bagi sang buah hati. Saat si kecil sudah mulai makan, orang tua akan mempersiapkan makanan sebaik mungkin dengan kandungan gizi seimbang. Produk-produk Tupperware bisa menjadi pilihan untuk membantu orang tua menyimpan makanan atau MPASI si kecil dengan mudah.

Menyimpan MPASI

Agar tidak repot dan si kecil bisa makan tepat waktu, orang tua bisa mempersiapkan MPASI beberapa hari sekali. MPASI kemudian bisa disimpan di lemari es agar lebih praktis dan mudah. Berikut akan dibahas cara mudah dan aman menyimpan MPASI agar kualitasnya tetap terjaga.

1.     Pisahkan Bahan Mentah dan Matang

Prinsip penting dalam mempersiapkan dan menyimpan MPASI adalah memisahkan antara bahan mentah juga bahan matang. Peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan matang dan mentah juga sebaiknya dipisahkan. Hal ini dilakukan agar kontaminasi bakteri antara makanan yang sudah serta belum diolah bisa diminimalkan.

2.     Gunakan Wadah Khusus

Anda juga sangat disarankan untuk memakai wadah khusus dalam menyimpan MPASI. Hindari penggunaan wadah yang sama dengan yang dipakai untuk menyimpan bahan makanan lainnya. Ada banyak sekali jenis wadah yang bisa digunakan mulai dari cetakan es batu, ziplock, toples kaca, cetakan silikon, dan masih banyak lainnya.

3.     Pilih Wadah Kedap Udara

Gunakan jenis wadah yang kedap udara untuk menyimpan MPASI si kecil. Pemakaian wadah kedap udara akan sangat membantu Anda untuk menjaga kualitas serta kandungan nutrisi dalam makanan. Selain itu wadah kedap udara juga akan membantu makanan bisa lebih lama disimpan. Anda bisa menggunakan produk Tupperware yang kedap udara dan berkualitas untuk menyimpan MPASI si kecil.

4.     Simpan di Suhu yang Tepat

Penyimpanan MPASI harus dilakukan di suhu yang tepat. Terutama untuk jenis MPASI yang sudah selesai dimasak. Begitu selesai diolah, MPASI bisa didinginkan di suhu ruang kemudian disimpan di lemari es bersuhu 0-5°C. MPASI juga bisa diletakkan di freezer jika ingin disimpan untuk jangka waktu yang panjang.

5.     Berikan Label

Jangan lupa untuk memberikan label pada MPASI yang sudah Anda buat. Tuliskan bahan makanan apa saja yang digunakan dalam MPASI tersebut kemudian cantumkan waktu pembuatan. Ini akan membantu Anda untuk memberikan MPASI yang lebih dulu dibuat kepada si kecil. Dengan begitu makanan yang diberikan kepada si kecil masih terjaga kualitasnya dengan sangat baik.

Itulah beberapa cara mudah dan aman dalam menyimpan MPASI. Sebelum anak memasuki masa MPASI, sangat disarankan untuk mulai mempersiapkan perlengkapan jauh-jauh hari. Anda bisa berbelanja perlengkapan MPASI di situs terlengkap jual beli kebutuhan bayi Orami. Pilih produk-produk yang berkualitas dan aman untuk digunakan oleh buah hati tercinta.