Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi yang diterima ibu hamil akan sangat memengaruhi perkembangan dan kesehatan janin. Jika kebutuhan nutrisi pada ibu hamil kurang maka risikonya tidak hanya membahayakan janin tapi juga turut membahayakan Si Ibu. Oleh sebab itu, perlu perhatian khusus terhadap pola makan ibu hamil agar proses kehamilan berjalan lancar.

Tips Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Ibu hamil terutama di saat awal masa kehamilan sangat rentan mengalami mual serta penurunan nafsu makan yang cukup parah. Agar bisa tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  1.   Makan dalam jumlah yang kecil

Makan dengan porsi kecil namun memiliki kandungan gizi yang lengkap sangat disarankan terutama di trimester pertama kehamilan. Dengan porsi makan kecil namun sering maka ibu hamil tidak akan merasa terlalu cepat kenyang.

  1.   Mengunyah pelan-pelan

Menurut beberapa penelitian, mengunyah makanan hingga benar-benar hancur akan membuat penyerapan nutrisi berjalan lebih efektif. Dengan begitu, tubuh akan lebih banyak mendapat asupan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan.

  1.   Hindari makanan berlemak, pedas dan berminyak

Ketiga jenis makanan diatas mungkin sering dianggap bisa meningkatkan nafsu makan karena rasanya yang lezat. Namun, bagi ibu hamil makanan-makanan tersebut memiliki kalori yang sangat tinggi, tidak mengandung nutrisi penting serta bisa menimbulkan iritasi lambung.

  1.   Minum air secukupnya

Konsumsi air yang cukup selain untuk menghindari terjadinya dehidrasi juga menghindari ibu hamil dari konstipasi. Mungkin hal tersebut terdengar sepele namun sejatinya konstipasi menjadi tanda jika sistem pencernaan Anda sedang mengalami masalah.

  1.   Hindari mengonsumsi kafein selama kehamilan

Ibu hamil sebaiknya mengurangi asupan kafein hariannya. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja tapi juga pada teh sehingga ibu hamil lebih disarankan untuk minum air putih atau jus murni agar tidak membahayakan kesehatan janinnya.

Perlukah Menggunakan Suplemen Kesehatan Selama Masa Kehamilan?

Keberadaan suplemen kesehatan semakin umum ditemukan di pasaran. Mulai dari suplemen vitamin hingga paket suplemen untuk kondisi tertentu seperti suplemen untuk ibu hamil, menyusui dan sebagainya.

Meskipun hal tersebut terdengar bagus tapi sebenarnya apakah ibu hamil boleh mengonsumsi suplemen tersebut? Jika boleh apa saja tindakan yang perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan?

Sebenarnya mengonsumsi suplemen kesehatan diperbolehkan asalkan suplemen tersebut tidak membahayakan bagi janin. Hal ini dikarenakan dalam beberapa kasus ibu hamil tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu sehingga rawan mengalami kekurangan gizi yang justru bisa membahayakan janin.

Namun, perlu diingat jika suplemen sebenarnya hanya pelengkap. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dari makanan merupakan langkah terbaik menurut para ahli. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan suplemen maka ada baiknya jika ibu hamil melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan.